Berpikir Desain (Design Thinking)
Tim Brown (CEO dan Presiden Ideo) merumuskan berpikir desain sebagai sebuah pendekatan yang menggunakan sensibilitas desainer dan metode menciptakan sesuatu yang bernilai bagi pelanggan dan peluang pasar yang berpijak pada kesesuaian antara kebutuhan orang-orang (desirability) dengan feasibilitas teknologi dan viabilitas strategi bisnis. Berpikir desain itu sebuah upaya mengajak kita untuk berpikir layaknya seorang desainer.
1. Ruang Inspirasi
2. Ruang Ideasi
3. Ruang Implementasi
• Ruang Inspirasi
Ruang inspirasi ditujukan untuk hal-hal yg terkait dengan motivasi pencarian solusi.
• Ruang Ideasi
Ruang ideasi ditujukan untuk proses pebuatan, pengembangan, dan pengujian ide-ide.
• Ruang Implementasi
Ruang implementasi ditujukan untuk menggambarkan jalan ke pasar.
Misi berpikir desain adalah menerjemahkan observasi menjadi inspirasi dan inspirasi menjadi produk dan jasa yang mengembangkan kualitas kehidupan. Sebuah metodologi yang menginspirasi individu untuk memiliki spektrum yang luas tentang aktivitas inovatif dengan etos desain berbasis manusia. Seperti pendekatan yang digunakan oleh Thomas Edison dalam menciptakan karya-karyanya.
Berpikir Desain, menggunakan tiga ruang, yaitu:
1. Ruang Inspirasi
2. Ruang Ideasi
3. Ruang Implementasi
• Ruang Inspirasi
Ruang inspirasi ditujukan untuk hal-hal yg terkait dengan motivasi pencarian solusi.
• Ruang Ideasi
Ruang ideasi ditujukan untuk proses pebuatan, pengembangan, dan pengujian ide-ide.
• Ruang Implementasi
Ruang implementasi ditujukan untuk menggambarkan jalan ke pasar.
Comments
Post a Comment